Beberapa Kata

Pernahkah kalian berpikir mengenai kata? Apakah kata itu? Benarkah setiap kata memiliki makna? Lalu, apakah setiap orang akan memaknai hal yang sama terhadap suatu kata?

images (2)

Good night, my lovely readers wherever you are.

First, I would like to give you definisi kata versi seorang @ayulahaura. Menurutku, kata itu kumpulan huruf-huruf yang kita susun kemudian membentuk suatu rentetan huruf yang memiliki makna tersendiri. Simple, isn’t it?

Then, what makes kata menjadi suatu yang istimewa sampai-sampai kutuliskan di wp ini?

I’ll show you~~~

Kata pertama >> Forget.

Forget. Lupa in indonesian, of course. Makna universalnya adalah tidak mengingat mengenai sesuatu.

Ya, itu benar. Semua orang pun akan memaknai hal yang sama. Akan tetapi, bisakah aku mengatakan seperti ini makna lupa adalah mudah . Hah?

Mungkin sekilas kata lupa akan sama sekali berbeda dengan kata mudah. Then, why?

Let me say this, dalam sebuah dialog yang saya dengarkan antara dua orang dimana orang pertama bertanya kepada orang kedua mengenai tahukah orang kedua mengenai dimana orang kedua meletakkan surat penting yang seminggu lalu dititipkan oleh orang pertama kepada orang kedua.

Guess what the second person will say?

‘Lupa’

Ya, apakah kalian mulai berpikiran hal yang sama denganku? Hehe. Orang kedua tentu akan menjawab lupa, dan lupa disini dimaknai mudah. Lupa, dengan satu kata membuatmu tak harus kerepotan mencari surat penting *menurut orang pertama* dimanapun kamu meletakkannya. Got it, now?

Sementara orang pertama akan memaknai lupa dengan susah. Jawaban orang kedua tentu saja akan menyusahkannya, kalau orang yang memegang surat penting itu saja lupa, bagaimana dengan dia yang menitipkan seminggu lalu? Tentu saja lebih tidak tahu menahu dan akan kesusahan mencarinya. Am I wrong?

Kata kedua >> Rindu.

Rindu. Makna universalnya, hmm…agak susah dijelaskan. Mungkin, suatu perasaan yang rumit dimana kamu ingin melihat sesuatu lain, sesuatu itu bisa saja benda mati atau benda hidup. 

Lagi-lagi definisi simple. Apakah kalian setuju mengenai pernyataanku di atas? Hehe.

Kali ini, aku akan memaknai rindu sebagai menjengkelkan. Heuh, dua kata yang lagi-lagi sangat berbeda. Let me give you a story about two person,

orang pertama sangat merindukan orang kedua. Orang pertama ini sedang dalam masa ujian, dimana ujian besok adalah close book, matkul susah sekelas operasi teknik kimia 2 *menyamakan dengan penulis* dan dalam kondisi ga paham materi sama sekali.

what is the first person think about rindu?

Rindu is menjengkelkan, sangat mengganggu karena muncul di saat yang gak tepat. Exactly!!!

Setelah penjelasanku, aku yakin kalian semua mulai mengerti apakah itu kata. Kata, yang ternyata memang memiliki makna. Semua orang akan memaknai hal yang sama terhadap suatu kata, tetapi setiap orang pasti bisa memaknai kata tersebut secara masing-masing dan tentunya berbeda. Itulah mengapa aku menuliskan makna universal untuk dua kata di atas.

Tidakkah kamu berpikir juga bahwa kata merupakan suatu yang sungguh ajaib?

Tulislah kata melupakan merindukan, kemudian sisipkanlah kata tetapi di sebelah kanan melupakan dan tambahkan kata kamu pada akhir barisan kata tersebut.

Melupakan tetapi merindukan kamu.

Dimana letak ajaibnya? Apakah kalian berpikiran sama denganku?

Dengan menuliskan dua kata berdampingan, kemudian menyisipkan kata-kata lain membuat barisan kata itu memiliki makna baru. Makna baru yang benar-benar berbeda, dan semua orang pasti akan memaknai sama mengenai barisan kata di atas “sesuatu yang menyakitkan” . Adakah yang akan memberi makna lain? Kalian semua pasti setuju kan?

Lalu?

Menurutku itu sangat ajaib.

Sekian. Thanks.

Bisakah kalian memberi tahuku bagaimana untuk membuat kolom komentar disini? Hubungi aku dimanapun, aku menunggu jawaban kalian. Mungkin kalian juga memiliki pendapat lain untuk disampaikan ^^ . Jujur, tulisanku ini sangat ngaco dan aku hanya ingin menulis untuk mengisi waktu luangku saja. Selamat membaca 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s