Proses

Ga ada yang namanya di dunia ini ketika A bisa langsung berubah jadi B, C, D atau bahkan Z. Ga ada yang namanya instan dalam perubahan. Proses itu pasti selalu ada.

proses

Kalau inget proses, sebagai chemical engineer (amin) pasti udah ga asing lagi lah. Proses ya proses gimana itu kita bisa mengubah sesuatu menjadi sesuatu yang lain dalam suatu rangkaian langkah atau susunan. Chemical engineer di dunia kerja bahkan sering banget disebut process engineer. Why? Karena si pemegang dan otaknya proses yang ada di pabrik, kilang atau tempat kerjaan lain ya ga lain orang-orang tekkim sendiri.

Dalam kehidupan, semua butuh proses. Belajar juga butuh proses. Orang gak akan bisa dapet IPK cumlaude secara cuma-cuma, secara instan. Semua melalui proses, baik itu peningkatan belajar terus menerus ataupun penurunan. Bahkan kegagalan juga termasuk kedalam proses itu sendiri.

Orang gak akan bisa memaksa kita untuk melakukan apa yang dia inginkan dan kita gak ingin. Kita, sebaliknya juga ga bisa memaksakan kehendak kita ke orang lain. Disini, kita perlu belajar menerima. See? Belajar. Lagi-lagi belajar, dan lagi-lagi balik ke proses itu sendiri.

Belajar bukan berarti kita gak bisa. Belajar berarti proses untuk melewati sesuatu dengan lebih baik dibanding sebelumnya. Belajar emang susah, prosesnya juga susah. Tapi, sekali lagi bukan berarti kita gak bisa !

Jadi, mari melewati semua proses yang ada di depan kita dengan sabar. Kalau memang proses belajar ini susah, pilihlah proses lain yang memudahkan kita. Tetap semangat dan meluruskan niat dalam setiap menjalani semua yang ada di depan kita. Insya Allah, usaha dan doa akan selalu sejalan dengan apa yang kita kerjakan.

Butek itu ga penting. Gagal dalam proses baru penting, menyikapi kegagalan dengan bijak juga merupakan cara yang ampuh supaya kita tetap bisa beraktivitas. Jadi, tetaplah belajar. Tetaplah melalui segala proses yang ada di depan kita dengan bijak supaya kedepannnya segalanya lancar dan bermanfaat.

Dari kos ID no 55, Lala yang selalu mengalami sukar tidur tiap malem.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s