Career Preparation Training

20160326_125301

Karena aku habis gila-gilaan bikin soal KNT. Karena aku masi punya 6 jam sebelum subuh buat mengabdikan diri ke tugas DJPP dan karena aku masih belom mandi juga, makanya mending isi waktu luang dengan share acara training kemaren. Mumpung masih anget dan inget. Yuk Baca !

Jadi preludenya nih, acara ini diadain sabtu kemaren oleh COMDEV Himatekk. Overall acaranya seru, ga ngantukin, materinya ringan tapi mengena dan yang paling utama ga akan didapet dimanapun selain disini. Hehe, biar sempet rada kesel sama panitianya karena ga kena jarkom masalah baju dan jadi saltum dan harus balik lagi ke kosan, tapi semua kebayar sama apa yang didapet hari itu. Itung-itung training ngos-ngosan dulu sebelum training beneran HAHAHA

Oke point penting dari acara kemaren ada dua : job interview sama FGD.

Sebelum masuk ke dua poin penting itu, kita bahas dulu masalah KOMPETENSI. Kalau menurut pembicara, Bapak Guntoro selaku General Manajer SDM Semen Indonesia, kompetensi ini mirip kayak gunung es. Ada yang tampak di atas, sama ada yang tersembunyi di bawah, istilahnya penopang-penopang dari gunung es itu sendiri yang kasat mata.

Kompetensi yang tampak : sebut aja IPK (jadi bersyukurlah kita yang punya IPK di atas batas minimal perusahaan), pengetahuan tentang ilmu dan bidang keahlian kita (sebut saja ilmu-ilmu tekkim).

Kompetensi yang tidak tampak ini yang seperti apa? Kompetensi ini lebih cenderung ke arah manakah sifat kita, apakah kita pendengar yang baik atau tidak. Kemudian citra diri kita : apakah kita merupakan seorang pemimpin (yang bisa memimpin dan memanage orang lain) atau apakah kita seorang pelayan (yang mampu melayani kebutuhan orang lain). Dan yang terakhir nilai / peran sosial yakni bagaimana kita memperlakukan orang lain.

Usut punya usut, dua hal di atas inilah yang dicari perusahaan dan berusaha mereka gali dari kita saat melakukan perekrutan pekerja. Jika IPK lebih ke arah seleksi administratif, maka kompetensi yang tak tampak ini lebih ke arah job interview dan FGD.

Pertanyaannya sekarang, kompetensi seperti apa yang perusahaan inginkan?

1.Profesional : bekerja sesuai target
2.Continuous Learning : terus dan terus memiliki keinginan untuk belajar
3.Customer focus : Fokus kepada kebutuhan konsumen dan melayani konsumen
Secara general, ketiga nilai itulah yang pengen perusahaan dapet dari para calon pekerja mereka.

Next, masuk ke proses seleksi. Proses seleksi pekerja bisa memakan waktu 1-3 bulan dengan tahapan :

1.Penerimaan lamaran (Administratif) : IPK memenuhi, jika IPK sama (katakan dari 50 orang mau diambil 30 orang, dari 50 ini 10 nya punya IPK sama dan terendah di antara temen-temennya). Nah jadi, ada istilah cut off atau yang 10 orang ini tergantung doa aja tumpukan lamaranmu masuk ke 30 orang yang kepilih atau dibawah tumpukan 30 orang yang akan di ambil perusahaan. S2 dipertimbangkan untuk IP yang sama. Pengalaman kerja pada tahap ini tidak dilihat karena hanya seleksi administratif (jika pernah kerja sebelumnya).
2.Tes psikologi : tipsnya gausah belajar, karena mau dipelajari pun apa yang kamu jawab nantinya adalah apa yang sebenarnya ada pada diri kita. Jaga kondisi, istirahat dan makan cukup karena kondisi psikis mempengaruhi hasil tes.
3.Tes bahasa Inggris dan Bidang Dasar : untuk bahasa, bisa kemungkinan interview langsung.
4.FGD
5.Job Interview
6.Tes kesehatan : Nah ini, awas ya buat yang ngerokok. Perusahaan gamau rugi buat ngurusin kalian. Jadi, coret buat perokok.
7.Probation period (3 bulan) : 90% kemungkinan bakal iya karena perusahaan gamau rugi udah banyak ngeluarin duit buat seleksi kita, kecuali kita kebangetan dan ga menunjukkan apa yang mereka cari.
Oke kita masuk ke job interview. Tips : jujur, jadilah diri sendiri, interviewer adalah orang terlatih yang akan terus menggiring kita ke pertanyaan lain jadi be honest ! Be yourself! Kedua, tidak ada yang namanya pertanyaan jebakan. Ketiga, kalau ditanya masalah gaji, ga ada yang minta ketinggian atau kerendahan ditolak. Perusahaan punya standar gaji mereka sendiri kok. Keempat, gesture jangan berlebihan, jangan menunjukkan posisi duduk agresif atau terlalu maju ke interviewer. Kelima, fokus. Mata ke yang diajak bicara, senyum dan jangan tegang. Santai πŸ™‚ . Jawab juga efektif, jangan mbulet. Sebatas apa yang ditanya aja.

Dari simulasi kemarin, job interview memang keliatan banget lebih menggali ke kompetensi-kompetensi kita yang ga tampak. Pertanyaan2 seperti : apa yang kamu lakukan sehari-hari juga ada. Yang perlu dipersiapkan buat job interview : doa, baca resume yang udah kita kirim (RESUME FORMAL, BUKAN BERARTI CUMA ISI FORM YANG DIJUAL DI TOKO BUKU) . be creative ! Baca-baca company profile, dan terakhir baca-baca isu terkini. HAHAHA banyakin nonton berita guys, jangan nonton drama.

oke FGD : focus grup discussion (6-10 orang yang tidak akan sempat berkenalan, dari berbagai jurusan dan hanya memanggil dengan sebutan si A,B,C dst) . Ketika masuk ruang, mereka akan langsung duduk dengan suasana diset seperti rapat. Waktu 30-45 menit. Bisa disaksikan dari kejauhan oleh penilai atau hanya diawasi dengan kamera pengawas saja. Masalah yang diberikan common thing yang semua orang tahu, isu-isu yang lagi hangat lalu diskusi harus menghasilkan rekomendasi/ problem solving. Case diberikan setelah duduk dan diskusi dimulai ! Silakan menjadi diri sendiri, silakan berpendapat dengan sopan dan tips : perlu ada pembuka diskusi, siapapun dari 6-10 orang itu, perlu ada time keeper yang mengingatkan jika waktu hampir habis, perlu ada pencatat diskusi dan pemberi kesimpulan.

Okay, ketika menyampaikan pendapat di FGD, hendaklah memberikan kalimat lengkap. Sampaikan usul disertai tujuan usul dan resiko dari usul. Setuju karena blablabla (ide orisinil) jangan sampe mengulangi apa yang disampaikan orang. Tidak setuju karena blablabla, sampaikan secara sopan.

OK That’s all. FYI, FGD kemaren bahas Kalijodo sama bahas uber dan grab taxi.

Sekian dari Lala yang masih harus mandi lanjut ngeDJPP. Hehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s