Mensyukuri Apapun

blog

Kita tidak akan pernah tahu berapa lama lagi kita akan hidup di dunia ini, jadi satu hal yang harus dan perlu kita ingat selain bekerja dan beribadah adalah bersyukur.

Manusia tidak selamanya berada di puncak kejayaan. Orang kaya, tidak selamanya kaya. Orang miskin, tidak selamanya miskin. Orang sukses, tidak semua dicapai secara instan. Orang pintar, tidak selamanya pintar. Mereka juga pernah bodoh. Orang baik, tidak selamanya baik karena manusia tak luput dari kesalahan. Orang jahat, tak selamanya jahat jika memiliki niat memperbaiki diri dan bertaubat.

Manusia pasti pernah mengalami kegagalan. Karena sekali lagi, hidup di dunia juga seperti proses. Butuh waktu untuk menjadi baik, lebih, lebih baik lagi. Orang yang keliatan ceria sekalipun di depannya pasti memiliki banyak sekali kesedihan yang disembunyikan di balik keceriaannya.

Manusia hanya bisa berencana, manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin dan satu hal yang harus dan seringkali kita lupakan adalah bersyukur. Bersyukur itu penting. Layaknya kita mengucapkan ucapan terimakasih kepada sesama manusia jika diberi pertolongan dan membuat orang lain tersebut senang dengan ucapan kita, begitupun menurutku Allah merasakan jika kita selalu bersyukur kepadanya. Jika Allah senang, maka semuanya balik ke kita. Kebahagiaan dunia akhirat kita peroleh, kita juga yang jadi seneng jika bisa memperoleh hal itu.

Bersyukur bukan cuma dilakukan saat kita mengalami kemenangan, kejayaan, kesuksesan, keceriaan, dan segala bentuk nikmat dunia lainnya. Bersyukur juga perlu dilakukan kapanpun, saat kita gagal, saat kita di bawah, saat kita terpuruk dan saat kita sakit. Dengan bersyukur, kita bisa memahami sisi buruk yang terjadi pada kita dari sudut pandang lain. Sudut pandang yang membuat hal buruk itu pun menjadi baik. Tidak ada yang namanya Allah memberikan bencana pada kita jika kita selalu bersyukur, semua pasti ada tujuannya. Supaya kita mampu belajar menjadi lebih baik seterusnya.

Yuk bersyukur

Dari aku, yang menyadari bahwa manusia cuma bisa berencana. Dari aku, yang menyadari bahwa apapun dari Allah datangnya tak terduga. Dari aku, yang belajar menjadi lebih baik dan selalu berada di jalanNya. Dari aku, yang lagi merasakan nikmat badan drop, nikmat skripsi, nikmat merindukan rumah.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s