Changes

nothing lasts forever.

people change, world changes, you change and so do I.

perubahan.

Dalam hidup, akan selalu ada yang namanya perubahan. Tanpa perubahan, manusia pasti merasakan kebosanan. Tanpa perubahan, tidak ada yang namanya orang buruk bisa menjadi orang yang lebih baik atau sebaliknya. Tanpa perubahan, tidak ada usaha untuk menjadikan dunia menjadi lebih baik.

Dengan perubahan, ada juga yang tersakiti. Ada juga yang tidak bisa menerima perubahan. Ada yang terbebani dengan perubahan, enggan keluar dari zona nyaman serta kebiasaan-kebiasaan yang selama ini sudah dilakukan.

perubahan, mau tidak mau harus selalu kita hadapi.

Mungkin, orang yang membawa perubahan dan membawa efek-efek baik dari perubahan yang dilakukannya seringkali membawanya kepada kesuksesan, ketenaran, kepopuleran dan kejayaan. Dielu-elukan. Tapi menurutku, bukan sekedar itu.

Pembawa perubahan ke arah lebih baik memang penting, keren dan waw. Tapi, orang yang mau menerima dan mampu bertahan dengan adanya perubahan sebenarnya adalah orang-orang yang berjuang dengan keras untuk mewujudkan perubahan yang sebenarnya. Tanpa mereka, apalah arti pembawa perubahan.

Seperti akar, pejuang perubahan merupakan penopang dari si pembawa perubahan. Tak terlihat, namun kuat dan mengkokohkan.

Perubahan tidak berarti selalu menjurus kepada sesuatu yang besar, or let me say something big but..

hal-hal yang kita alami dan nyata kita temui di kehidupan kecil kita pun tidaklah terlepas dari perubahan. Dunia boleh berubah, kita bisa menyesuaikan diri, beradaptasi lalu kembali melanjutkan hidup. Seterusnya demikian, sampai muncul lagi perubahan-perubahan baru. Siklus adaptasi terhadap perubahan pun berlanjut sampai kita mati, maybe

Orang-orang berubah,

nothing lasts forever . Bagaimana jika kita sendiri yang berubah?

nothing pada kalimat di atas rupanya berlaku buat semua, termasuk kita sendiri. Manusia. Orang-orang di sekitar kita. Inilah perubahan sesungguhnya dan yang paling sulit untuk kita hadapi. Lebih dari apapun, hal yang paling tidak kuinginkan di dunia ini salah satunya adalah people change.

Mungkin, orang boleh berubah. Itu urusan mereka. Tapi, hidup di dunia ini bagiku selalu memerlukan orang lain, membantu orang lain, life is about sharing and lovingtaking and giving untuk lebih gampangnya.

Boleh berubah, tapi silahkan berubahlah dengan bijak dan jelas. Jangan karena perubahan, justru membawa dampak buruk bagi orang lain di sekitar kita. Terlebih lagi, sampai menyakiti orang-orang di sekitar kita.

mungkin aku bukan pembawa perubahan, tapi aku ingin menjadi akar perubahan yang selalu menopang perubahan jika memang tujuan dari perubahan itu sendiri baik. 

bukannya aku takut, tetapi jika boleh memilih maka hal yang sangat tidak kuinginkan adalah perubahan orang-orang di sekitarku. 

yes, I don’t want anyone to change and be another person that I totally don’t know about.

Dariku untuk kalian,

Dariku untuk kamu,

Dari lala yang sedang mengalami perubahan kecil seperti : tidur maksimal jam 10 malam, bangun jam 4 pagi tanpa alarm atau telpon, geser jam belajar dan jam kerja dari begadang tanpa tidur ke jam siang, mengabdikan diri ke skripsi,

dariku yang tidak menginginkan perubahan itu ada pada orang-orang yang kusayangi.

Tetaplah menjadi kita,

tetaplah menjadi aku dan tetaplah menjadi kamu,

atau aku juga akan berubah.

jika kita semua berubah, siapa yang menjadi akar perubahan? Tidak ada yang lebih buruk dibandingkan orang-orang di sekitar kita berubah.

goodnight!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s