EGO

Sisi terjahat yang ada dalam diri seorang manusia.

Pertanyaannya : dari mana kamu menilai seseorang bisa dikatakan baik atau jahat?

Jahat yang terlihat oleh mata dan jahat yang secara universal diakui oleh semua orang, tentu saja penjahat. Seorang pembunuh yang katanya dapet bisikan gaib atau katakanlah sakit mental, tetaplah penjahat. Seorang koruptor yang penjaranya serba enak di negeri ini, tetaplah penjahat. Seorang maling yang kepepet mencuri demi sebotol susu untuk anaknya, bahkan tetaplah menjadi seorang penjahat.

Maka, eksplisit dan universalnya menjadi :

Kategori orang jahat yaitu orang yang mengambil hak orang lain. Hak untuk merasa aman, hak hidup, hak milik dan semua hak yang ada dan tidak seharusnya diambil secara paksa.

Sadarkah di balik itu semua, ada satu hal yang lebih jahat dari apapun yang ada di muka bumi ini?

EGO.

Dengan ego yang dimilikinya, manusia menjadi egois. Memikirkan diri sendiri, mau menang sendiri, merasa benar dan tidak memikirkan perasaan orang lain.

Ego juga bisa menjadi pemicu yang mendorong orang-orang melakukan tindakan kejahatan. Diawali dengan hal-hal kecil seperti mengabaikan kritik dan pendapat orang lain di sekitarmu. Lalu kamu merasa apa yang kamu lakukan adalah hal yang benar lalu selanjutnya tanpa mengindahkan perasaan orang lain, kamu melakukan tindakan-tindakan di luar nalar manusia. Kenapa dan mengapa tak akan pernah menemukan ujung, tanpa sadar tindakan sudah dilakukan dan itulah kejahatan.

Jadi, termasuk ke manakah kamu? Orang yang mengutamakan ego di atas segala sesuatu atau orang baik yang selalu mengalah karena memikirkan perasaan orang lain?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s