(Masih) Yogyakarta

95% HOLIDAY, 5% JOBSEEKING

95% holiday, 5% jobseeking. Atau, Jogja I’m in love. Itulah beberapa contoh caption yang menyertai setiap postingan kami, para jobseeker, yang kemarin jauh-jauh dari Surabaya pergi ke Jogja demi nasib yang lebih baik.

Lima hari empat malam. Sebentar, tapi menjadi cukup bagi kita yang bisa memanfaatkan. Bagiku, mumpung masih muda, selama badan ini kuat berjalan, kenapa gak meluangkan waktu untuk bepergian? Capek itu urusan belakangan. Dipake buat istirahat bentar juga kelar urusannya. Hehe.

Sebenernya agak bingung juga sih mau nulis apa. Cuma otakku gatel aja pengen nulisin sesuatu, memori itu mungkin emang rekaman terbaik, tapi tulisan merupakan rekaman terindah yang selalu mengingatkan dan membawa kita ke momen terbaik yang kita miliki. Jadi, biarpun tulisan kali ini bakal jadi agak aneh karena aku bakal banyak ngajak ngobrol, aku coba mulai dulu dari cerita tentang jobfair ya.

Kenapa Jogja?

Asal muasalnya sih kenapa memutuskan buat pergi ke Jogja itu karena di tanggal 27-28 Agustus kemarin, UGM ngadain career day dengan perusahaan-perusahaan yang cukup banyak dan menarik. Cocok banget buat jobseeker macem aku dan temen-temenku yang udah lama menunggu momen buat escape dari Surabaya. Hahaha. Escape, iya escape. Dengan posisi sebagai pengangguran dan gak punya agenda apapun di Surabaya, aku berhasil memecahkan rekor stay di Surabaya selama sebulan kemarin di bulan Agustus. Walaupun kelar Agustus langsung cabut ke rumah ya, itungannya tetep bisa menahan diri selama sebulan di Surabaya. Jadi intinya, escape dari Surabaya lebih cocok untuk menjawab pertanyaan kenapa Jogja.

95% holiday 5% jobseeking, why?

Nah, career day UGM boleh punya banyak perusahaan. Boleh juga punya banyak pengunjung, katanya sampe 20000 di hari pertama. Tapi nyatanya, aku cuma apply sekitar enam atau tujuh perusahaan. Itupun, cuma dua perusahaan yang kasih feedback, Wings dan Loreal. Loreal sendiri entah bagaimana salah forward isi sms, undangan presentasi perusahaan yang harusnya ditujukan buat tanggal 28, jatuhnya malah ke forward tanggal 29, jadilah aku gak dateng ke presentasi perusahaan mereka karena salah tanggal. Wings, okay, ini satu-satunya perusahaan yang kemarin aku ikuti test TPA nya, lolos ke tahap interview HR, sayangnya jadwal interview bentrok sama tanda-tangan ijazah dan gak bisa reschedule. Jadi, ikhlas dan sabar ya yang lebih mengisi hati waktu kemarin. Belum rejekinya aja. Hehe

Kalau liburan, hmm, mungkin lebih enak kalau di awal ku sebutin tempat apa aja yang udah aku kunjungi selama di Jogja. Untuk tempat wisata, aku mengunjungi Alun-alun Kidul, Tamansari, Candi Ijo dan tentu aja, Malioboro. Untuk tempat makan, aku berhasil makan semua kuliner yang udah aku list dari Surabaya, makan gudeg, soto bening, bakmi jawa, bakpia kumbu hitam, gelato enak murah (Il Tempo Del Gelato), sop buahnya Bowl Ling, sampe lumpia rebung. Untuk transportasi sendiri, lumayan harus bersabar sih kalau mau pake Gocar atau taxi karena armada nya sedikit. Pakai Trans Jogja juga harus sabar, karena bisa lama banget nunggu bus datang atau transitnya.1 Tes perusahaan dan banyak tempat liburan cukup lah ya menjawab pertanyaan 95% holiday 5% jobseeking, why?

Jogja I’m in love

Caption ini cukup banyak betebaran di dunia maya, macem Path ataupun IG. Mungkin untuk yang satu ini semua orang punya jawaban masing-masing ya. Banyak cerita seru yang terjadi dan dibuat sendiri selama waktu singkat kami di Jogja. Yang meski beda ceritanya, tetapi pasti semua orang setuju kalau ku sebut Jogja ini lovable banget. What a lovely city!  Orang-orangnya ramah, makanannya bikin nafsu makan naik, cuacanya lumayan bersahabat yah gak heran kalau aku sempet galau di malam terakhir kemarin. Rasanya, gak pengen ninggalin Jogja karena masih betah. Jogja juga punya caranya sendiri buat bikin aku makin kangen sama rumah, makanya kemarin selepas balik ke Surabaya dari Jogja, aku langsung pulang.

Ada satu cerita seru selama di Jogja kemarin. Paling berkesan. Malam itu, malam pertama aku sama teman-teman satu rombongan di Jogja. Selepas menikmati bakmi Jowo sebagai menu makan malam, kami berenam memutuskan untuk berjalan kaki menuju alun-alun selatan yang letaknya cukup bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari penginapan (still, gempor). Beberapa kali ke Jogja, selalu ke alun-alun utara karena sodara rumahnya di daerah Kauman, cuma beberapa langkah dari alun-alun utara. Nah, kemarin ini baru kesampean pergi ke alun-alun selatan cuma buat seru-seruan bareng. Ketemu valaq ngerokok, naik odong-odong, sampai nyobain jalan sambil nutup mata di antara dua pohon beringin yang ada di tengah alun-alun yang entah kenapa hasilnya selalu berbelok dan gak bisa lurus. Hal lain yang berkesan ya, naik Trans Jogja, di sore terakhir itu, aku bisa dibilang benar-benar mengelilingi Jogja dengan Trans Jogja karena tujuanku cukup jauh, Candi Ijo, yang letaknya di daerah Prambanan. Seru banget, duduk manis sambil menikmati keramaian malam Jogja!

Here some evidences :

  1. Foto totalitas banget 🙂

2016-08-28-13-32-35[1]

 

2. Foto sama rombongan ibu-ibu jobseeker

2016-08-28-20-12-11[1]

 

3. Sop buah hasil Jogja alone, hasil jalan kaki panas-panas sendirian sehabis tes kerja

Capture2

 

4. Mural, yang katanya sih hits, dengan pose yang gak kalah hits 🙂

Capture3

 

5. Niatnya cari sunset, malah dapet pemandangan yang super ngademin. Recommended bagi yang butuh udara segar buat ngilangin stres.

Capture

 

6. Yang katanya tempat raja ngintipin selir-selirnya

2016-08-30-14-55-47

 

7. Candi Ijo, di atas Ratu boko dan Tebing Breksi. Recommended buat yang nyari udara seger penghilang penat

2016-08-29-20-48-55

 

8. Pas banget dateng ke Malioboro, eh ada parade

20160828_162800

 

9. Il Tempo Del Gelato rasa lemongrass enaaaaa 🙂

20160828_213316

 

10. Naik odong-odong di Jogja, yeay!

20160826_203758

 

Udah pagi aja, BAY!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s