I’m Trying

Telah ku sampaikan seluruh pertanyaan yang ada di benakku, tetapi jawabannya tetaplah sama. Lelah ku mencari ke segala arah, ke timur, barat, selatan ataupun utara, jawaban yang ku peroleh lagi-lagi sama. Tidak. Aku tidak menemukan jawaban atas pertanyaan yang mengisi benakku. Atau mungkin sebenarnya aku sudah menemukan jawaban atas semua ini. Entahlah, aku tetap tidak mengerti dan sampai kapanpun aku tidak akan bisa mengerti.

Apakah aku terlalu bodoh untuk bisa memahami ini semua? 

Atau apakah kamu terlalu pintar dalam memenangkan ini semua?

Atau, apakah kita berdua sama-sama terlalu bodoh?

Opsi terakhir kurasa tidak patut untuk ku pertanyakan. Baik aku, ataupun kamu, jawabannya hanyalah salah satu di antara kita, hanya salah satu di antara kita yang bertahan dalam kebodohan ini.

Aku benar-benar memalukan ya?

Apa aku tampak begitu menyedihkan?

Kedua pertanyaan itu menarikku pada keadaan lain dimana aku menyadari bahwa aku benar-benar telah terjebak dalam kebodohan. Memalukan, menyedihkan, setidaknya bagiku, itu jauh lebih baik dibanding tidak dipedulikan.

Apakah kamu benar-benar tidak peduli padaku?

Setidaknya, aku berusaha, I’m trying hardly. Berusaha sekuat mungkin untuk menutup mataku rapat-rapat atas semua perlakuan burukmu. Berusaha sekuat mungkin untuk tidak lagi menangisi semua kebodohan ini. Berusaha tetap tersenyum, meski di depanmu satu-satunya yang ingin kutunjukkan hanyalah kebencian. Berusaha melupakan semuanya. Berusaha dengan keras membuang semua pertanyaan bodoh yang ada di benakku. Berusaha menutup hati serapat mungkin untuk menghindari hal yang sama terulang lagi. Berusaha untuk melupakan semua kebaikanmu dan hanya mengingat perlakuan burukmu. Berusaha membenci tanpa peduli. Tanpa peduli, bahwa kita, setidaknya (pernah) berteman. Entahlah, mungkin sedari awal memang kita tidak pernah benar-benar berteman. See?

I’m trying. I really am… hardly…

Leave a Reply

