Aku dan Islam

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum wr.wb,

Sebelum melanjutkan tulisan ini, sekali lagi, bismillahirrahmanirrahimlakum dinukum wa liyadin, untukmu agamamu untukku agamaku. Jika kedepannya tulisan ini terasa cetek atau dangkal, mohon maaf sebesar-besarnya, karena tulisan ini tidak memiliki niat apapun kecuali untuk bercerita mengenai pengalaman pribadi dan syukur-syukur jika bisa menjadi inspirasi sesama.

Hari ini, tidak ada yang berbeda. Sama seperti hari-hari sebelumnya, aku masih menganggur, masih kesiangan bangun untuk sholat subuh, pukul 05.00 baru bangun meski beberapa hari gencar sholat subuh tepat waktu, nyatanya hari ini masih saja aku kesiangan, dilanjutkan mengaji, sholat dhuha, mengaji lagi, sebelum akhirnya kembali tidur. Aktivitas pagi tadi pun tidak ada yang berbeda, membaca novel, mendengarkan musik, mengganggu Dinny, jalan-jalan, ngelesin, sama seperti kebanyakan hari yang lain. Tapi, ada yang berbeda malam ini. Dini hari ini tepatnya. Mataku susah terpejam, meski sepulang mengajar adek yang menjadi murid les ku aku sangat mengantuk, entah kenapa mata ini tetap bertahan terbuka bahkan hingga jarum jam sekarang menunjuk pukul 2.30. Mungkin karena lapar, mungkin lapar itu memicu untuk berpikir aneh-aneh, mungkin juga karena hal lain, yah sudahlah, hitung-hitung menunggu adzan subuh supaya bisa sholat tepat waktu.

Subhanallah. Benar-benar malam yang berbeda rupanya. Mulai dari lapar hingga tidak lagi merasa lapar, mulai dari mengantuk hingga sama sekali tidak bisa tidur, mulai dari menutup seluruh tubuh dengan selimut hingga sekarang duduk dan mengetik tulisan ini. Hanya satu kata, malam ini malam yang luar biasa indah. Hanya aku, ditemani sholat malam, sujud dan berdoa, bacaan al-qur’an, ditemani islam dan ditemani oleh Allah Ya Aziz Ya Karim.

 

Tiba-tiba, muncul satu pertanyaan dalam benakku,

kapan kamu mengenal islam, La? apakah islam lebih dulu mengenalmu atau sebaliknya?

Awalnya aku berpikir, hmmm, mungkin ketika pertama kali bapak mengumandangkan adzan di telingaku saat aku lahir, lalu muncul lagi jawaban lain, mungkin waktu Ibu mengaji saat aku masih dalam kandungan. Terus mundur, hingga menemui jawaban, ketika aku diciptakan. Aku pernah membaca, manusia tentu tidak akan ingat hari saat ia diciptakan, tapi kenyataannya ada masa dimana Allah menciptakan semua makhlukNya, termasuk manusia. Nah, ketika kita bertemu Allah inilah, pada hari penciptaan kita itu, menurutku, itulah hari islam berkenalan dengan kita. Ya, islam. Islam yang lebih dulu mengenal kita karena kita tidak mengingat pertemuan awal itu. Ya, sudah sangat lama. Jika kita menghitung dari waktu sejak lahir saja, itu berarti sudah 22 tahun aku mengenal islam dan islam jauh lebih dahulu berkenalan denganku.

 

bagaimana islam di matamu, La?

Bismillahirrahmanirrahim. Islam di mataku, waw, luar biasa. Dari Al-Qur’an, kita bisa tahu kalau islam adalah agama yang mengajarkan tentang keesaan Allah, memberikan peringatan kepada manusia melalui kisah nabi dan kisah kaum terdahulu agar kita bisa memetik hikmahnya, memberikan berbagai prinsip hidup dan yang pasti ada memberikan janji bagi orang yang beriman. Islam adalah agama yang indah, honestly, the real beautiful one. Dari Al-Qur’an, aku belajar untuk bersabar, untuk selalu merasa cukup, untuk selalu berbuat kebaikan dan menghindari kebathilan. Simply, by doing sholat, puasa, sunnah dan sedekah. Islam juga mengajarkan padaku tentang pentingnya menghormati orang tua, bagaimana untuk selalu bersyukur, bahwa bersyukur itu baik untuk diri kita sendiri dan tidak merugikan di sisi Nya jika tidak dilakukan dan yang terpenting adalah untuk mengingat mati. Bahwa Allah sangatlah mudah untuk membangkitkan kembali hambaNya dalam sekali seruan. Bahwa ada kehidupan yang jauh lebih kekal, yaitu alam akhirat. Dalam islam, kebaikan sekecil apapun akan dibalas oleh Allah, demikian juga kebathilan, walau sekecil apapun, akan mendapat ganjaran. Islam juga mengajarkanku arti memaafkan, subhanallah, Allah sungguh Maha Pemurah untuk memberikan maaf bagi kita yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat. Dan yang terakhir, dengan islam, aku merasa aku selalu ingin untuk meluruskan niatku, dalam hal apapun, karena bagaimanapun niat amatlah penting untuk keberlanjutan apa yang kita kerjakan. Luruskan niat, maka apa yang kita kerjakan insyaAllah bermanfaat.

satu kalimat, bagiku, Islam adalah agama yang memiliki banyak sekali anjuran dimana anjuran itu hanya mengarah pada satu hal, kebahagiaan kita, sebagai hamba Allah.

 

tentang aku dan islam malam ini,

Ada satu titik dimana kita merenungkan banyak hal. Ada kalanya banyak pertanyaan muncul di benak kita. Ada kalanya kita merasa resah. Tapi, pernahkah resah itu berujung pada Ya ALLAH, begitu banyak orang yang berserah diri kepadaMu, lalu apalah arti aku yang kecil ini? Subhanallah. Pertanyaan ini muncul begitu saja malam ini di pikiranku, membuatku menangis, merasa ketakutan, merasa tidak berdaya. Lalu, setelah perenungan yang seperti itu, pernahkah kalian membaca Al-Qur’an? Dalam perenungan apapun, bisa masalah rejeki, sekolah, kuliah, jodoh, atau apapun dan subhanallah, lagi-lagi selalu saja, Allah membalas semua pertanyaanku melalui Al-Qur’an yang ku baca setelah selesai berdoa. Tidak peduli surat apa yang kubaca selesai berdoa, Al-Qur’an selalu memiliki jawaban atas semua doa-doaku.

 

Aduh, bahasaku kacau yah pagi ini, iya, aku mengantuk, tapi entah kenapa semangat banget buat nulis. Maaf ya kalau bikin bingung dan jadinya malah ga nangkep. Jadi intinya, tulisan di atas ini pengalamanku malam ini, dengan islam, dengan agamaku, dengan Al-Qur’an, kitab agamaku, dengan sholat, kewajibanku, dengan Allah, Tuhanku. Kita ini manusia, jika kita tidak meluangkan waktu, maka kita tidak akan pernah punya waktu luang untuk sejenak mengingat Allah, sejenak membaca dan memahami Al-Qur’an, sejenak berdzikir, atau sejenak melaksanakan kewajiban dan sunnah. Jadi, mari sejenak meluangkan waktu…

 

sejenak untuk menyadari bahwa ada satu hal yang jauh lebih nyata yang nantinya akan kita hadapi, alam akhirat, 

 

Aduh tulisan ini jadi bagaimana sih intinya ?

 

Wassalamu’alaikum wr.wb,

Mohon maaf jika ada kesalahan. Alhamdulillah, sebentar lagi adzan subuh :’)

*Semoga bisa menjadi pengingat*

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s