My Journey as Jobseeker

BAGIAN 1

TAHAPAN MELAMAR PEKERJAAN

 

Berbicara mengenai judul postingan yang kubuat ini, aku berencana untuk membuat kumpulan tulisan yang menceritakan bagaimana pengalamanku ketika mencari pekerjaan. Walaupun sampai sekarang belum juga berhasil memperoleh pekerjaan tetap, ya tetap karena aku sekarang kerja serabutan or you can say it in English supaya keren dengan sebutan part time atau lebih kerennya lagi freelancer (nanti bakal ku ceritain tentang ini di tulisan lainnya), bagiku tetap gak ada salahnya untuk berbagi pengalaman ini dengan kalian yang mungkin sama sekali masih gak terbayang dunia mencari kerja itu seperti apa.

Kalau aku boleh bilang, dunia mencari kerja itu keras, sebagian setuju mungkin jika aku mengatakan bahwa dunia mencari kerja itu just like a jungle. Makanya, setiap ada orang lulus terus wisuda, pasti aku bilang ke mereka welcome to the real jungle. Karena menurutku, ya begitulah dunia mencari kerja, keras, siapa yang kuat dalam berusaha dan bersabar, maka dialah yang menjadi pemenangnya, menjadi si penakluk jungle. Dan aku selalu menanamkan pemikiran ini di otakku, mungkin baik bagi kalian untuk menanamkannya juga, bahwa jalan menuju keberhasilan itu berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang mudah banget memperolehnya, ada juga yang harus banget merangkak dari bawah dan berjuang mati-matian untuk memperolehnya. Percaya, dengan menanamkan kalimat ini di otak kita, aku yakin ke depannya yang tersisa hanya usaha dan doa serta semangat yang gak pernah padam untuk menuju keberhasilan kita.

DUNIA MENCARI KERJA IS LIKE A JUNGLE

Buat kalian yang masih bertanya-tanya, sekeras apa sih dunia mencari kerja? Disini aku kasih contoh perusahaan punya negara, bergerak di bidang keuangan, yaitu Bank Indonesia. Tahun lalu, yaitu pada tahun 2016, Bank Indonesia mengadakan seleksi dengan judul Penerimaan Calon Pimpinan Bank Indonesia (PCPM). Seleksi di mulai untuk tahap 1 pada bulan September 2016 dan berakhir untuk pengumuman final setelah wawancara akhir pada bulan Januari 2017. Waktu itu, aku ikut seleksi PCPM ini dan dari panitia PPM menyatakan bahwa jumlah pelamar seluruh Indonesia adalah 80.000 peserta. Sementara itu, berdasarkan data yang kuperoleh dari situs resmi BI ( http://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Pengumuman-Hasil-Wawancara-Akhir-Seleksi-PCPM-2016.aspx ) , jumlah peserta lolos wawancara akhir sebesar 125 peserta saja. Catatan, itu sudah semua untuk seluruh Indonesia. Ya, gambarannya seperti itu. Banyak sekali jumlah usia produktif di Indonesia yang masih disibukkan dengan mencari pekerjaan. Sebagian besar di dominasi oleh fresh graduate yang benar-benar belum memiliki pengalaman kerja dan sebagian lainnya oleh para pencari kerja berpengalaman yang menginginkan, simply, sebuah better job. Mendengar ini pasti timbul kecemasan di hati kalian yang sama sekali buta dengan dunia mencari pekerjaan, tetapi kuncinya hanya satu, tanamkan di diri kalian masing-masing bahwa setiap orang memiliki rezeki masing-masing. Jadi, berhentilah cemas, mulailah berusaha dan tetaplah berdoa.

TAHAPAN UMUM DALAM MELAMAR KERJA

Di sini aku ingin berbagi dengan kalian, terutama yang belum pernah sama sekali melamar pekerjaan atau bagi kalian yang dalam waktu dekat akan lulus, beberapa informasi, pengalaman dan pelajaran apa sih yang aku peroleh selama kurang lebih 8 bulan mencari pekerjaan setelah wisuda bulan September 2016 kemarin. Based on pengalamanku dengan beberapa perusahaan ya, hmm, coba sebentar aku tuliskan perusahaan-perusahaan yang sudah pernah ku ikuti proses seleksinya (yang ku sebut hanya yang ku ikuti proses seleksinya, artinya sudah ikut tes walau hanya tahap 1 saja,  dan di luar dari perusahaan yang aku gak lolos seleksi administrasinya) : KALBE, NUTRIFOOD, DANONE, PARAGON TECHNOLOGY INNOVATION, WINGS SAYAP MAS UTAMA, SIAM INDO GYPSUM, CIBA VISION BATAM, PZ CUSSONS, CARGILL SORINI AGRO ASIA, BANK DANAMON, ASTRA DAIHATSU MOTOR, AIR LIQUIDE, PERTAMINA, BANK INDONESIA, LOTTE CHEMICAL TITAN, KASKUS, aku jadi sedikit banyak tahu bagaimana sih tipe-tipe rekrutmen yang dilakukan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Nah dari perusahaan-perusahaan itu, beberapa aku sampai tahap akhir, sebagian sampai separuh jalan dan sisanya cuma ikut 1-2 tahap tes.

Untuk proses rekrutmen berdasar pengalaman aku, biasanya terdiri dari (tidak disebutkan secara urut, tapi kebanyakan seperti ini) : TPA (TES POTENSI AKADEMIK), TES PSIKOTEST LENGKAP, INTERVIEW HRD, FGD (FOCUS GROUP DISCUSSION ) / LGD ( LEADERLESS GROUP DISCUSSION), INTERVIEW USER, INTERVIEW DIRECTOR, MEDICAL CHECK UP. Nah, ini nanti insyaALLAH akan aku bahas satu per satu biar lebih rinci di chapter-chapter berikutnya. Tetapi, di sini aku mau berbagi cerita dulu nih, tentang beberapa tahapan tes yang beda dari kebanyakan perusahaan yang pernah aku ikuti. Dari tahapan yang sudah ku bold itu, alhamdulillah, aku sudah ikut semua prosesnya, kecuali medical check up karena biasanya ini dilakukan setelah kita diterima.

PERUSAHAAN DENGAN SISTEM REKRUTMEN UNIK

Dari perusahaan-perusahaan yang kusebutkan di atas, ada beberapa yang tahap awal seleksi tidak diawali dengan TPA. Yang pertama adalah CIBA VISION BATAM, untuk perusahaan ini, mungkin karena dia butuh cepat, proses seleksinya cuma 3 minggu sudah termasuk pengumuman yang lolos, tahapannya pun singkat : INTERVIEW HRD, TPA & PSIKOTES LENGKAP, FGD&USER INTERVIEW > pengumuman diterima (mungkin MCU dulu sebelum berangkat ke Batam). Kalau Ciba ini, waktu itu dia buka program semacam MT, tapi aku lupa apa namanya, hehe dan untuk perusahaan Ciba Vision Batam, aku lolos sampai tahap akhir yaitu FGD dan User Interview, cuma aku gak bisa datang karena pada tanggal sama aku ada tes Danone di luar kota. SPOILER !!! NGELAMAR KERJA, NYARI KERJA JUGA NGAJARIN KAMU BUAT NGAMBIL KEPUTUSAN! Selanjutnya, untuk Danone sendiri tahapannya sama kaya yang aku sebutin di awal secara umum, bedanya dia seleksi awalnya, TPA & English test by online gitu jadi di kosan/warnet megang laptop masing-masing.

ENGLISH TEST!!!

Hampir lupa, oya jaman sekarang, english is a must buat cari pekerjaan. Perusahaan kaya Danone, Cargill, BI, KALBE, CUSSONS, AIR LIQUIDE itu semua ada tes bahasa Inggris tertulis. Sisanya, kalaupun gak ada tes tulis, biasanya ketika wawancara pasti ada pakai bahasa Inggris whether full in English or just introduction. Dari yang kusebutkan tadi di awal, rasanya cuma Paragon dan Astra yang gak ada bahasa Inggrisnya (atau ada, karena aku cuma sampai tahap awal saja). Ada satu perusahaan yang seleksi nya unik banget, beda dari perusahaan lain, and i should say full english, yaitu Cargill. Untuk perusahaan sekaliber Cargill ya, seleksinya untuk program MT meliputi : HRD TELEPHONE INTERVIEW, WRITTEN ENGLISH TEST, HRD + 1 TECHNICAL MANAGER BEST OF ME PRESENTASION, ONLINE TEST (TPA & PSIKOTEST), FINAL ASSESMENT. Untuk FINAL ASSESSMENT CARGILL itu LUAR BIASA SERU !!!! (walaupun lelah dan gagal di akhir), ini merupakan one day assesment full in english : FGD di depan 8 asesor (lupa jumlahnya) yang semuanya manager, 1 peserta vs 2 asesor untuk tes mencari informasi, 1 peserta vs 8 asesor untuk presentasi case yang diberikan, 1 peserta vs 2 asesor untuk user interview, semua tahap ini  dilakukan dari jam 9 pagi (lupa tepatnya) sampai 19.30. You can ask me, I really enjoyed these assessments ! 

Next, perusahaan dengan tahap gak seperti kebanyakan adalah AIR LIQUIDE, dimana tahap awal hanya tes 15 soal matematika dasar dan 10 soal bahasa Inggris dasar. Ini juga belum tahu karena semenjak tes belum ada kabar kelanjutannya. Lalu ada juga LOTTE, yang tes nya cuma 1x, 3 peserta vs 3 user interview lalu langsung pengumuman.

Jadi, itulah garis besar kegiatanku selama 8 bulan mencari pekerjaan ini. Banyak manfaat, kalau kita mau mengambil hikmah di balik semua yang Allah tetapkan buat kita, katakanlah pengalaman itu pasti, jalan-jalan juga keluar kota itu plusnya, ketemu banyak orang hebat semacam manager dan direktur bahkan orang asing, belajar bahasa Inggris aktif, dan tentunya bertemu teman-teman baru. Ah, HAI TEMAN-TEMAN APA KABAR KALIAN ?

Ini foto peserta calon MT Cargill bareng Asesor kita 🙂

IMG_20161205_204517

Ini foto aku sama si Iin kecil waktu kita barengan tes Danone di Jogja 🙂

mtf_IOzGx_1100.jpg

Dokumentasi lain di IG Story yang gak aku save 😦 Percayalah kalau aku banyak banget ketemu temen baru yang sampai sekarang masih sering chat-chat an sekedar nanya gimana uda dapat kerja?  Atau sesimple saling bertukar semangat 🙂

well, semoga bermanfaat ya.

 

Silahkan dikomen, dilike atau di share. Thanks 🙂

*sharing is caring, giving comment is appreciating *

2 thoughts on “My Journey as Jobseeker

Leave a Reply

