Kekuatan Do’a

Betapa kuatnya sebuah do’a yang keluar dari mulut kita. Apalagi jika do’a itu kita ucapkan terus-menerus. Setiap kita selesai solat, di pagi, di siang, di sore, di malam bahkan mungkin selalu diucapkan di hati kita dalam setiap langkah yang kita ambil kemarin, hari ini dan esok. Mau kuberikan contoh tentang betapa hebatnya kekuatan sebuah do’a ?

Kisah ini bukan kisah baru. Kisah ini adalah cerita penuh hikmah yang terjadi beribu-ribu tahun lalu. Bahkan, jauh sebelum Nabi Muhammad saw. dilahirkan. Kisah ini tentang Nabi Ibrahim a.s., yang dalam islam, dikenal sebagai bapak para Nabi. Ketika itu, Nabi Ibrahim a.s tak lagi muda, usianya sudah cukup tua, dan dia memiliki seorang istri shalihah yang sayangnya mandul. Kemudian, Nabi Ibrahim a.s. dan istrinya itu kedatangan tamu-tamu, orang-orang berparas tampan yang tidak lain adalah para malaikat utusan Allah yang menampakkan diri dalam wujud manusia (salah satunya, tentunya Jibril). Kala itu malaikat datang dengan perintah TuhanNya untuk menghukum kaum Sodom, kaum Nabi Luth a.s. Tetapi, nyatanya tugas mereka tidak hanya itu. Mereka diberikan tugas lain, untuk mampir ke rumah Nabi Ibrahim a.s., hanya untuk memberi kabar gembira dari Allah bahwa nantinya akan lahir Nabi Ismail a.s., yang disusul juga kelahiran Nabi Ishaq a.s. dari rahim istri Nabi Ibrahim a.s.

Nabi Ishaq a.s. yang kemudian memiliki anak yaitu Nabi Ya’qub a.s. dan dari Nabi Ya’qub a.s. akan memiliki anak yaitu Nabi Yusuf a.s. Sementara dari Nabi Ismail a.s., nantinya akan memiliki keturunan yaitu Nabi Muhammad saw. Tidak ada yang mampu mengalahkan kehendak Allah apabila Ia sudah berkeinginan untuk membalas do’a hambanya, apalagi dari hamba yang begitu Allah cintai, yang disebut-sebut oleh Allah sebagai Nabi dengan hati sangat lembut, yaitu Nabi Ibrahim a.s.

Tahukah kalian apa do’a yang kemudian selalu diucapkan oleh Nabi Ibrahim a.s. setelah kelahiran kedua anaknya ? Yaitu , ” Ya Tuhanku, jadikanlah anak dan cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku”. Dan Allah benar-benar menjawab do’a Nabi Ibrahim a.s. dengan memberi keturunan yang baik-baik. Tidak hanya seorang, dan bahkan menjadikan salah seorang keturunannya sebagai Nabi akhir zaman yang sangat dicintai Allah.

Jadi, janganlah kita meremehkan do’a barang hanya do’a meminta ampunan. Mungkin lama terjawab, tetapi anggaplah lamanya waktu itu sepadan dengan jarak bumi menuju langit tujuh dan Arsy Allah, meski, sebenarnya jika Allah berkehendak maka bisa saja do’a kita langsung dikabulkan. Anggap saja begitu, supaya tetap sabar dan teguh dalam berdo’a.

Sumber : Al-Qur’an bunga2ku 🙂

Terinspirasi dari : Q.S. Ibrahim dan Minggu pagi bermanfaatku (amin). Kisah Nabi Ibrahim a.s. ini banyak sekali disebutkan dalam Al-Qur’an terutama pada surat-surat awal. Banyak kisah, mulai dari Nabi Ibrahim a.s. yang mencari Tuhan, menghancurkan berhala-berhala kaumnya, kelembutan hati Nabi Ibrahim, kisah penyembelihan, kisah membangun Ka’bah, kisah ia dibakar hidup-hidup dan sebagainya. Mau tahu? Buka Al-Qur’an dan kalian akan menemukan semuanya 🙂

Ada satu nasihat Rasul dalam hadits (juga dari Al-Qur’an bunga2ku) bahwa setelah selesai salat, kita  hendaknya berdo’a “Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingatMu, bersyukur kepadaMu dan bagus dalam ibadah kepadaMu”. Dan percayalah do’a itu sedang dalam proses untuk dikabulkan dan akan dikabulkan, hanya jika Allah berkehendak. Dan kehendaknya? Janganlah diragukan karena itu pasti yang terbaik bagi kita.

Semoga bermanfaat.

Selamat hari Minggu pagi 🙂

*cerita di balik tulisan ini : dengan segala kegoblokan aku menulis ini 2x, jadi gak sama dengan tulisan awal yang aku mau-in, intinya aja sama, semoga biarpun rewrite dari awal yang gak ke saved itu, tetapi bisa tetap bermanfaat. Nah, sudahkan kalian salat dhuha ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s