Serial Barat vs Drama Korea

Malam, reader.

Berhubung diriku sedang bahagia karena hasrat buat beli gincu baru telah terpenuhi, malam ini aku bakal bikin tulisan yang rame-rame aja, yaitu seputaran hobiku.

Selain membaca, aku suka banget sama yang namanya nonton. Saking sukanya, hampir tiap bulan di tahun terakhir kuliah, yes, entah kenapa justru waktu senggangnya banyak di akhir, apa karena kebutuhan stress-release kali ya, pokoknya gitu, aku sempetin buat yang namanya nonton. Saking hobinya, sampe punya seat terfavorit , si C9. Seat yang sering banget kanan-kirinya diisi sama pasangan ketimbang orang jomblo macam aku yang nonton pun sendirian. *abaikan kalimat terakhir*

Gak cuma nonton di bioskop aja, di manapun, asalkan judulnya nonton tontonan, aku suka. Yang ditonton juga macem-macem, bisa drama, series sampai film. Dan aku juga tipe penonton segala genre, komedi suka, kartun oke, melodrama demen, action seneng, superheroes, sci-fi, fantasy sampe kartun pun doyan. Apapun, selama gak yang hantu-hantuan.

Didominasi Korea dan Barat

Sesuai judul malam ini, aku bakal bandingin serial barat sama drama korea. Alasannya kenapa pengen bandingin adalah karena ya pengen aja. *hahaha*. Jadi, gini, tiba-tiba sadar juga kalau tontonan ku didominasi sama serial barat, film barat, dan tentunya drama Korea. Inget ya, dominasi. Aku kadang suka kok nontonin film India, beberapa kali juga nonton film Thailand yang dikasih sama si Abyad, pemasok film Thailand. Wkwkw.

Kenapa didominasi Korea dan barat? Kalau Korea, alasannya ya karena dari SMP udah demen sama artis Korea. Tahun-tahun SMA jadi fans fanatik salah satu boyband , sampe sekarang masih fans cuma fans biasa. Inget banget di tahun kedua, atau ketiga pernah ngabisin tabungan hampir 1 juta cuma buat beli 3 album ori punya SJ, SNSD dan Kyuhyun. Jadi ya mungkin karena sudah terlalu terbiasa nontonin Korea, makanya suka juga sama drama Korea.

Kalau barat sih kayanya everybody loves it ya. Seenggak sukanya orang nonton film barat pasti pernah ngefans sama HarPot, senggak ngikutin HarPot pasti pernah naksir Robert Pattinson trus nonton Twilight ya gitulah. Tidak ada alasan buat menolak menonton film dan serial barat, bagiku, yang suka nonton tontonan. Aku suka semua genre, selama itu tidak berhantu. Jadi untuk film, rasanya sudah lama aku mulai menyukai film barat. Sementara serial sendiri, aku inget serial pertama tontonanku itu Supernatural, dulu tuh jaman trans 7 nayangin makanya kenal sama Supernatural. Terus ngikutin Smallvile juga, Heroes, serialnya si Hannah Montana apa tuh, daaan semakin demen setelah ngikutin serial How I Met Your Mother sebanyak 9 season. *masi suka nonton ulang sampe sekarang, makasih banget sama Mas Alip yang udah rekomen serial ini*. Ditambah lagi kecintaan aku sama MCU, bikin aku ngikutin serial lain, Agents of Shield yang sekarang masih nunggu season baru.

Serial Barat vs Drama Korea

Berapa kali aku bilang kalau aku adalah tipikal orang moody. Salah satu rasa syukurku atas sifat buruk ini adalah aku jadi bisa menikmati semua tontonan. Sereceh apapun sampai yang seserius apapun. Sekocak apapun sampai yang nguras aer mata sekalipun.

Bagi aku, penikmat drama Korea dan serial barat, perbedaan paling jelas yang sekarang ini kerasa adalah perihal happy ending. Kebanyakan drama Korea menyuguhkan akhir yang bahagia. Semenderita apapun tokoh-tokohnya di tengah cerita, ketika nonton drama Korea ketika itu kita juga yakin bahwa drama Korea pasti berakhir bahagia untuk pemeran utamanya.

Sementara, untuk serial barat, kebanyakan memiliki alur yang benar-benar sukar ditebak. Entahlah, mungkin karena tontonanku macem AoS. Tapi, untuk ukuran komedi macem HIMYM alur ceritanya juga sulit ditebak. Tidak semua tokoh utama berakhir bahagia. Misalnya aja, Agent Skye dan Ward dari AoS yang sedapet gitu kemistrinya *chemistry, pardon* harus berakhir dengan kenyataan Ward yang ternyata agent Hydra, hail Hydra! Setidaknya menonton serial dan film barat membuat kita menebak-nebak bagaimana akhir cerita sementara kita tidak bisa menebak-nebak akhir cerita drama Korea yang biasanya happy ending. Biasanya, beberapa sedih juga macem Endless Love, Man Who Came from Another Star dan lain-lain. Dalam hal ini, bagiku serial barat terkesan lebih tega kepada tokoh-tokoh utamanya dibanding drama Korea.

Selain dari segi itu, ada juga hal lain yang menarik dari serial barat. Seperti kebanyakan menonton drama Korea membuat kita jadi ngiler makanan Korea, kebanyakan nonton serial barat juga bikin kita ketagihan mantengin logat orang barat. NEW YORK dan british misalnya, yang satu speak clearly, yang satu berlogat kental yang orang pun akan langsung sadar dia adalah british. Kalau ini sebenernya Korea juga punya logat masing-masing, Busan, misalnya. Tapi mungkin karena bahasa Inggris udah kaya bahasa ketiga setelah Indonesia dan Jawa, kesannya jadi lebih menarik. And I found that british guy is very cute with his accent.

Terus apalagi ya. Sering dibuat terpukau sama kecanggihan serial barat, mungkin pengaruh genre yang aku tonton ya. Dan rasanya semua juga tahu kalau masalah beginian teknologi di Barat udah canggih, Korea pun terus berkembang. Bedanya, Barat suka bikin waw sama animasi dan efek-efeknya, sementara Korea menunjukkan besar budget dramanya dari, seringnya, perjalanan ke luar negeri. Song-Song Couple ke Ukraina, misalnya.

 

Begitulah bandingan serial barat dan drama Korea, menurutku. Sekarang sih masih, ngikutin draKor, nungguin serial Barat juga. Tapi emang mau gimanapun, suka banget romance di film Barat. Sekali lagi karena bagi penikmat film dan tontonan, menebak-nebak adalah hal terindah. Dan plot-twist adalah kesenangan tersendiri. Jadi bakal terus nontonin dua-duanya juga. Senengnya lagi, ada drama baru yang adoptasi serial barat, Criminal Minds dengan genre action, genre terbaik untuk menebak-nebak. Semoga menyenangkan! *episode 1 sih oke*

Salam per-tontonan :*

 

“gincu menyenangkanku ” -a (yang selalu gak nyambung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s