I, A Chart Addict

Beberapa hari terakhir, ada hal yang kulakukan lebih dari 10 kali, mungkin, dalam sehari. Membuka akun wordpress untuk sekedar mengecek laman stats, salah satu fitur yang disediakan oleh wordpress dan berfungsi untuk mengetahui jumlah visitors dan views dari blog kita dalam sehari, seminggu, sebulan, hingga setahun.

Sebagai penulis utama di blog sendiri, nggak bisa dipungkiri bahwa keinginan utama kita adalah memiliki banyak pengunjung yang bersedia mampir untuk membaca tulisan kita. Tentunya, di samping keinginan untuk meningkatkan kualitas tulisan yang kita sajikan.

Melalui tulisan kali ini, aku ingin berbagi kisahku tentang segimananya aku membuka laman stats hampir tiap hari. Dan akhirnya, kuputuskan untuk mengaku bahwa aku telah kecanduan. Yes, I’m a chart addict.

Berawal dari…

Setiap kali membuat tulisan, ada beberapa hal yang selalu kulakukan, seperti share link di beberapa akun medsos (line, instagram, facebook, twitter dan path), memposting screenshot tulisanku di instagram hingga membagikannya via instastory. Semua itu gak lain bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog ini. Maklum, blog ini hanyalah blog pribadi yang tidak berbayar sehingga fitur-fitur penting seperti SEO yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung terkait penggunaan kata kunci di mesin pencari, tidak tersedia. Begitu pula untuk fitur plugin yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung terkait tampilan blog ini juga tidak bisa digunakan tanpa berlangganan.

Kemudian, yang kulakukan setelah membagikan link tulisan yang ada di dalam blog ini adalah memantau laman stats. Pada laman ini akan terlihat berapa banyak jumlah pengunjung maupun jumlah views untuk setiap tulisan yang telah dipublish. Hal ini hampir setiap hari kulakukan, bahkan ketika aku sedang tidak menerbitkan tulisan apapun pada hari itu.

Berbuah hasil

Bisa dibilang cara yang kulakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog ini adalah cara primitif. Tanpa fitur SEO, semuanya hanya bergantung kepada seberapa baik tulisan yang aku sajikan. Beruntungnya, meskipun tidak bisa menikmati fitur tersebut, masih ada fitur tags yang semenjak aku mencoba menggunakannya entah bagaimana jumlah pengunjung blog ini menjadi meningkat. Begitu pula dengan penggunaan fitur heading pada tulisan. Keduanya, ditambah dengan keuletanku membagi link tulisan ke berbagai medsos dan tak lupa memantau laman stats untuk mengetahui dari mana asal kebanyakan pengunjung blog ini, tema apa yang banyak disuka, hingga jam-jam tertentu dimana terdapat lebih banyak pembaca, mampu juga menambah jumlah pengunjung hingga 10 kali lipat. Alhamdulillah, rasanya senang 🙂 . Sisanya, tinggal menunggu para pembaca ini untuk meninggalkan komentar-komentar di kolom dan menunjukkan eksistensinya. Semua ada proses yang harus dilewati dan aku meyakini blog tak berbayar ini pun akan bisa mencapai cita-cita penulisnya, pada waktunya. Semoga 🙂

Menjadi Chart Addict

Seminggu kemarin, bisa dilihat dari rentang waktu aku memposting tulisanku di sini, aku banyak menghabiskan waktu untuk fokus mengikuti tes kerja sehingga blog ini barulah terurus kemarin-kemarin. Selama seminggu kemarin juga aku tidak banyak memegang smartphone. Boro-boro, tidur aja langsung pules banget, HAHAHA. Baiklah yang itu *tunjuk tes kerja* nanti aja diceritakan di lain kesempatan. Betapa kagetnya aku, ketika kemarin, akhirnya sempat juga untuk ingat membuka blog ini. Daaaaaaaan I’m so surprised that my stats are significantly increase !

Screenshot_2017-08-08-21-25-00
Proof :*

Dari foto di atas keliatan kan ya, kalau dari tanggal 3 sampai sekarang jumlah views nya hampir 150 bahkan kemarin di atas 200. Nah, kalau dari foto di bawah ini bisa dilihat bandingannya sama stats bulan-bulan sebelumnya.

Screenshot_2017-08-08-21-25-24
Perbandingan stats antar bulan

1.0K ! Bulan Agustus baru 8 hari dan views blog ini sudah mencapai 1000. Alhamdulillah. Terimakasih semua, terutama kepada pembaca REVIEW : WARDAH EXCLUSIVE LIP CREAM MATTE yang sudah menembus angka 800++ .

Jumlah views dan visitors ini naik signifikan banget sehingga aku gak bisa lagi memungkiri kalau aku udah kayak chart addict, kerjaannya buka tutup laman stats buat liat jumlah pengunjung. Tentunya, Insya ALLAH semua ini bakal dijadikan semangat buat berkarya lebih baik lagi ya teman-teman semuanya.

Baiklah, jadi seperti itu. Yes, I’M CHART ADDICT :’) :’) :’)

Segera menyusul : bagi pengalaman tes kerja (lagi), review produk (lagi) atau cerita pendek ? Kasih aku waktu mikir pengen yang mana. :*

 

Advertisements

2 thoughts on “I, A Chart Addict

  1. Wah selain masih menjadi pecandu media sosial,sekarang saya juga menjadi pecandu statistik wordpress.Sama nih mba,saya bisa lebih dari 10 kali sehari membuka aplikasi wordpress di smartphone saya demi mengecek statistik.Terkadang saya juga membagikan link artikel saya ke akun medsos.Lumayan kadang bisa dapet 1 atau 2 pembaca.hhee

    Semangat menulis ya mba. 💪💪😀😀😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s