Tawakkal

Orang bijak mengatakan bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati tuannya.

Dan jadilah kita semua tuan yang mempercayai kemampuan kita sendiri. Bukankah Allah tidak akan memberikan beban di luar  batas kemampuan kita?

Maka yakinilah bahwa kita sejatinya mampu. Hanya saja waktu tunggu kita untuk bertemu dengan apa yang kita sebut kesuksesan itu tidaklah sama satu dengan yang lain. Setiap orang punya pandangan masing-masing mengenai kesuksesan, begitu pula jalan untuk mencapai kesuksesan itu, sehingga menjadi hal yang harusnya mampu diterima jika waktu tunggu kita tidaklah sama antara satu dengan yang lain. Orang bijak yang lain berkata jika manusia berjalan di bagian waktu masing-masing.

Ah, jika boleh aku mengganti kalimat kutipan orang bijak yang pertama menjadi Lala mengatakan bahwa tidak ada usaha yang mengkhianati tuannya jika dibarengi dengan tawakkal. Rasa-rasanya kalimat ini menyempurnakan kalimat sebelumnya.

Begitu pula kalimat kutipan kedua kuganti menjadi Lala berkata manusia berjalan di bagian waktu yang sama hanya saja waktu tunggu masing-masing berbeda. Setujukah kalian?

Bukankah hidup itu begitu adanya? Mempelajari, mengoreksi, kemudian kembali memperbaiki?Semua manusia diberikan tenggang waktu masing-masing hingga datangnya hari pembalasan. Maka, yang tersisa hanyalah wa man yatawakkal ‘alallah fahuwa hazbuh. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan memberikan kecukupan. Dan rasa-rasanya tidak ada kalimat yang lebih sempurna dari pada ini. Begitu pun halnya bahwa kesempurnaan hanya milik Allah.

Selamat berusaha yang dibarengi tawakkal 🙏

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s